Selasa, 12 Oktober 2010

KELEMAHAN E-BISNIS

Kelemahan dari e-business adalah sebagai berikut :
1.      Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguanyang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
2.      Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-tekis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.
3.       Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor, seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berudaha menjatuhkan reputasi daripada perusahaan tersebut.
4.       Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalnya pembobolan sistem perbankan oleh seorang hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
5.       Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan secara sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
Dengan adanya efek-efek tersebut, akan mengakibatkan seberapa besar keberhasilah dari proses e-Bisnis yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Namun, ada pula perusahaan yang menderita kegagalan dari proses e-Bisnis yang ditekuninya. Faktor-faktor Penyebab Kegagalan e-Bisnis:
1.      Tidak adanya komitmen yang utuh dari manajemen puncak
2.      Penerapan e-Bisnis tidak diikuti proses change management
3.      Tidak profesionalnya vendor teknologi informasi yang menjadi mitra bisnis
4.      Buruknya infrastruktur komunikasi
5.      Tidak selarasnya strategi TI dengan strategi perusahaan
6.      Adanya masalah keamanan dalam bertransaksi
7.       Kurangnya dukungan financial
8.       Belum adanya peraturan yang mendukung dan melindungi pihak-pihak yang bertransaksi (cyberlaw)
9.       Menggunakan target jangka pendek sebagai pijakan investasi e-bisnis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar